Sunday, September 7, 2008

School = Stressed Out / Depression?? Help!!!! [Part One of Three]

So, yesterday, i-Chan asked me to accompany her to go to her best friends' wedding, Dom(2) a.k.a Liliana in Hotel Sultan. Kaget juga, pagi-pagi tiba-tiba dia sms, dan mengajak gue pergi ke kondangan temannya *yang-gue-ga-kenal-sama-sekali-itu*. I'm ok with it, but how about her friend, gue-kan-ga-kenal-tapi-dateng-aja-gitu-kayak-ninja. Rupanya, menurut i-Chan, dia kenal gue, jadi gue ikutan deh, kapan lagi bisa ke kondangan di Hotel Sultan *ih-norak-amat-kayak-ga-pernah-kondangan-di-hotel-aja-NORAK-BGT-DEH!!!!*
So, I got picked up at 18.30, and we went there *FYI, I wear my batik lho!*

Setelah bertemu dengan beberapa teman-temannya i-Chan, gue cukup kaget juga, cause they remembered me, merasa berdosa juga karena gue inget-ga-inget-maksa-inget-tapi-kok-ga-inget-juga-GOBLOK-bgt-deh-gue!!! We eat some pretty delicious food, the satay was great (agak-agak mirip Sate Khas Senayan), the pasta was ok, the salad was fresh, the ice cream was creammy-coconutty and the cakes was perfectyly-delicious!!! Gue makan kira-kira 6, beserta beberapa cakes & pastry yang lain. Enak dan sangat-sangat menggemukan! Hahahaha!!!

Kenapa gue jadi out-of-topic sih, gue bukan mau ngomong soal kondangannya (even though the food was great, the bride&groom was beautiful, and the impersonator Jerry Yan was dreadfully-dull) tapi soal pembicaraan gue dan i-Chan soal little missy GRc.

Siapa sih missy GRc? Dia itu i-Chan's little sister. How about her? Jadi, Grc goes to UPH (just like me & i-Chan), she is in Graphic Design major (we called it DKV, Desain Komunikasi Visual). Waktu masih high-school, GRc sangat-sangat bersemangat untuk masuk DKV karena dia terobsesi dengan Manga-Anime-comic-book, bahkan dia sampai bermimpi-mimpi untuk kuliah, I think she had it with high school, welcome college years!

So, everybody excited with to go to college (you know I am!), I guess GRc got excited too (well, maybe way-too-excited) tapi sehabis itu, kok jadi banyak masalah ya? Dari yang gue dengar (dari i-Chan & dari GRc sendiri), tugasnya banyak, bahkan terlalu banyak sampai-sampai harus bergadang untuk menyelesaikan tugas-tugas dari dosen. Ok, bukannya memang begitu ya? Anak desain memang punya segudang tugas, dan kadang-kadang harus sampai bergadang semalam suntuk untuk bisa menyelesaikan tugas-tugas itu. Setahu gue, beberapa teman-teman gue di UPH (dan beberapa lagi yang di kampus lain) yang kebetulan anak-anak desain memang begitu, tapi mereka *kelihatannya sih ya...* asik-asik aja, santai tapi tetap keeping theirself busy by doing their projects.

Tapi menurut i-Chan & GRc tidak seperti itu. Tugasnya yang diberikan dosen-dosennya benar-benar-luar-biasa-banyak-bertubi-tubi-pokoknya-gila-unbelievably-hectic!!! Tugasnya banyak sekali dan benar-benar membuat GRc stress berat, bahkan bisa dibilang agak menjurus ke depresi tingkat awal. Karena selain harus membuat gambar-sketsa-maket-atau-foto berdasarkan teori-teori yang ada di buku-buku, mereka juga harus membuat slide untuk presentasi dan paper-makalah-rangkuman.

GRc merasa tugasnya begitu banyak, sampai-sampai dia tidak punya waktu untuk bersantai, mungkin main-main sebentar, atau mungkin pacaran atau tidur yang panjang-dan-lama-jadi-kayak-choki-choki deh. Pada saat ini, keadaan GRc adalah stress berat, setiap kali pulang dari kost-kost-an-nya di Karawaci, dia mengeluh sudah tidak tahan untuk kuliah lagi, tidak kuat lagi untuk menghadapi segudang tugas yang diberikan dosennya, bahkan sampai menangis-nangis karena sudah tidak tahan lagi. Dia merasa kuliah lebih parah daripada sekolah, all about work and no play, yang ada kuliah-buat-tugas-kuliah-buat-tugas bahkan no sleep *in-days* to get the project done, belum lagi GRc merasa tugas yang dia buat dengan segenap hati itu tidak dihargai oleh dosen-dosennya, dia merasa dipermalukan di depan teman-temannya karena tugas yang dia buat kurang baik atau tidak memenuhi permintaan dari dosennya. Selain itu, kadang-kadang *menurut i-Chan*, GRc had a breakdown, dia bisa tiba-tiba menangis karena sesuatu hal, *yah, mainly about stuff from college*, waduh, ini kok jadi cukup gawat ya? Mungkin bisa jadi tanda-tanda awal depresi.

Dari cerita i-Chan, gue jadi berpikir juga, apa tugas di UPH seberat itu sampai-sampai mahasiswanya stress berat and can have a sudden nervous breakdown? Katanya bahkan sampai teman-teman GRc itu menangis waktu tahu tugas apa lagi yang diberikan dosennya itu begitu banyak.

I guess you know what to know I think about this? Wait for the next chapter, ok?

So, you think you got screwed up and you think you had it, Mr. E got something for you and you can thank me later or maybe hate me forever, just go to the next chapter.

xoxo,
E.

No comments: