Wednesday, June 10, 2009

I Think That, I'm Not Good Enough For This Job, What Can I Do? I Don't Want To Give Up, Please. Not Now.

It's official.
Gue kewalahan dengan pekerjaan gue sekarang, serius.
Gue sudah sampai ke titik dimana gue bisa bilang sama diri gue sendiri bahwa,
"Ed, you're not smart enough for this."
"You're not a fast learner."
"You're just not really good at your job."

Pada saat ini, sudah 3 bulan gue bekerja di kantor gue sekarang *yang bergerak di bidang content provider untuk mobile phones*, dan gue masih belum bisa menguasai pekerjaan gue.
Kasarnya, gue masih goblok banget, pengetahuan gue soal content provider masih sangat-sangat rendah, bahkan, masih bodoh banget. Sedangkan gue adalah seorang account executive, dimana gue HARUS bisa menguasai bidang ini dengan sepenuhnya. Gue seharusnya sudah bisa mengetahui sistem kerjanya seperti apa, istilah-istilah dalam bidang gue itu apa saja, mesti bisa menguasai, atau setidaknya tahu soal teknikal sistem.

Hari ini adalah sebuah wake-up call yang membuat gue sangat down. Kenapa? Hari ini gue meeting dengan klien, dan seharusnya, sebagai seorang AE, gue sudah harus mengerti dengan apa yang mau gue tawarkan, tapi ketika bertemu dengan kliennya, gue cukup kelabakan, karena dengan jelas, gue masih belum bisa meng-handle klien tersebut. Ada beberapa pertanyaan-nya yang membuat gue cukup sadar bahwa, gue masih belum tahu banyak. Memang, bekerja adalah sebuah proses belajar juga, tapi ini sudah 3 bulan, tapi masih belum ada kemajuan yang cukup signifikan, dan itu menunjukan bahwa, hey! you're just not that smart dude! Face it! Gue tidak bisa survive kalau seperti ini terus.

Belum lagi, pada saat ini gue diberikan tanggung jawab untuk meng-handle klien besar, salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia, dan gue sangat-sangat khawatir dengan apa yang gue kerjakan, I have to make this right way, no mistake, the company is on me. Gue sangat berterima kasih karena gue dibantu terus oleh beberapa kolega-kolega *duh, istilahnya...*, tapi itu tidak bisa menyembunyikan fakta bahwa gue itu tidak seberapa pintar, tidak seberapa cepat dalam menyerap informasi, tidak begitu pandai menuliskan ide-ide yang berhubungan dengan pekerjaan gue.

Gue bergumul terus setiap hari, berdoa dengan keras, memohon sama Tuhan, bertanya kepada Tuhan, kenapa gue masih belum bisa juga, apa gue begitu pelannya sampai tidak bisa menyerap informasi yang berhubungan dengan pekerjaan gue. Tuhan, gue kenapa sih? Why I have to be this incompetent? Gue kok bego amat sih? Gue merasa, gue sudah mengecewakan teman gue yang sudah membantu gue selama bekerja *you know who you are, a big hug & thank you, for you*. Maafkan kalau gue memang tidak sehebat yang dibayangkan.

Sekarang, gue sedang mengerjakan proposal untuk klien besar gue itu dan gue masih merasa kesulitan. Walaupun sudah dibantu dengan masukan-masukan dari kolega-kolega gue, tapi gue-nya yang merasa, wow, this is too just much for me. Kepribadian melankolis gue sedang "mengambil-alih", I over-think about it way too much, and it has to stop, but how can I manage to stop it?

Mungkin gue butuh sesi psikolog yang intens, untuk mengetahui apa pekerjaan yang cocok buat diri gue sendiri, karena jujur, gue masih belum tahu apa yang gue mau dalam hidup, pekerjaan seperti apa yang cocok buat gue.

"Please God, just help me get through this. I don't want complain too much, but I can't help it. I just can't. I'm not good enough for this."

Mr. E just want this struggle to stop so he can move on with his life, and then he can work with a big smile in his face, and actually be happy with the job he had right now.
This is not what he planned to be, not like this.

xoxo,
E!

4 comments:

niko said...

so, where is the adorkable, qurkyalone, witty, sarcastic, pop-culture, whatsoever Mr. E???

Mine said...

Hai, sori ya tiba-tiba nimbrung..
Cuma, menurut gue, you have to throw away the "You don't..., You're not..."
Secara psikologis bakal bikin down..
You may try to say and think something positive like "You can do this, with lots of practice, You're good on this though maybe not today--but tomorrow will be better"
Good luck!

Mr. E. said...

@ Niko: Yes, I think I just lost my personalities, just like that.
Gosh, what is happening to me? Kok guejadi down banget.

@ random people called Mine:
Gue tahu itu, gue juga berusaha untuk berpikir positif,tapi sulit, karena sedang berada pada keadaan yg tertekan, beban begitu berat sampai2 lo susah sendiri utk berpikir positif.
Tapi, terima kasih atas masukannya.
Semoga gue bisa berjuang.

-Tess- said...

Dison Jia You !!

U CAN DO IT !!

Belajar setiap hari dan belajar dari kesalahan dan kekurangan yg lo buat.

Gw yakin kalo lo desperate, elo pasti bisa ! :D

Ayo ayo, udahan mellownya... :)

btw, kl perlu ambil psikotest buat tau bidang yg cocok buat lo aja... :D

*hugs*