Monday, August 24, 2009

POLADROID.



Gue punya sedikit obsesi dengan kamera Polaroid. Dari jaman dulu, kalau gue pergi berlibur ke Puncak atau Ancol, atau yang gue ingat dulu adalah waktu gue ke Borobudur, nah, biasanya di tempat-tempat wisata seperti itu ada tukang foto keliling yang menawarkan foto instant dengan menggunakan kamera Polaroid. Sekali jepret, tarik, kipas-kipas sambil menunggu sampai warnanya terbentuk & jadilah hasil fotonya yang kurang begitu bagus warnanya tapi unik! Dari situ, gue jadi senang sekali kalau harus foto-foto dengan Polaroid.

Hasil kamera Polaroid memang tidak akan seperti hasil jepretan dengan kamera analog biasa yang menggunakan roll-film ataupun kamera digital, tapi ada saja kenikmatan & seni-nya tersendiri ketika menggunakan kamera Polaroid.


Tahun kemarin *kalau-tidak-salah-ya...*, Polaroid harus menghentikan produksi film-nya. Cukup sedih, apalagi bagi para die-hard fan Polaroid; tapi, rupanya pakar-pakar dunia IT & digital imaging menciptakan sebuah aplikasi yang bisa memberikan kenikmatan & seni dari kamera polaroid itu sendiri. Gue perkenalkan:

POLADROID.
Apaan sih? OK, Poladroid adalah sebuah program aplikasi untuk pengguna Mac & Windows, dimana bisa mengubah hasil foto digital menjadi Polaroid look-a-likes. Cara pakainya juga sangat gampang, hasil foto digital tinggal di-drag-and-drop saja, tunggu sebentar & jadi deh!


Bahkan ya, penggunanya masih bisa merasakan "seni" dari kamera Polaroid itu sendiri; hasil foto cuma bisa di-drag-and-drop sebanyak 10 kali *sama seperti isi kamera Polaroid*. Waktu konversinya pun sedikit memakan waktu, harus menunggu sampai warnanya muncul secara perlahan-lahan & baru bisa melihat hasil fotonya. Terus, kalau mau mempercepat hasil fotonya, tinggal klik foto yang sedang dalam proses tersebut, lalu di-shake dari kiri ke kanan, berulang-ulang saja. Hehehe...



Mau ikutan ngutak-ngatik foto tanpa harus pakai Photoshop? Download aplikasinya, gratis di www.poladroid.net and start making your own old-school-pictures.

[Mr. E's Poladroid random samples]

xoxo,

5 comments:

Ling said...

i love this Poladroid! ^^

Arman said...

lucu juga ya... ntar nyoba ah... :)

btw dulu si esther punya lho kamera polaroid dan kayaknya masih ada filmnya juga (tapi gak banyak). pas kita pindahan kemari, gak tau akhirnya dikasih ke siapa tuh...

Mr. E. said...

@ Arman: Iya! Lucu ya, gue jadi seneng sendiri, cara pakainya juga gampang banget lho!
Yah, sayang lho kamera-nya, itu vintage banget lho & bisa jadi collector's item!

ego said...

udah pernah coba kamera lomo?? kan ada tuh, ed yg tipe hasilnya kyk polaroid...

Mr. E. said...

@ Ego: Hehehe...belum sih, gue ga gitu suka sama kamera Lomo. Lagipula kamera itu analog pake film, kalo habis foto mesti cuci-cetak& mesti di-scan lagi, lama & merepotkan. Gue mah butuh yg cepat-cepat aja. Tapi iya, gue sangat tempted untuk punya kamera Lomo itu. :p