Saturday, September 5, 2009

Movie-of-the-Day: The Final Destination - 3D

*The Final Destination: French Edition Poster*

The Final Destination
, atau Final Destination 4 merupakan seri ke-empat dari franchise Final Destination & yang pertama kali dibuat dalam bentuk 3D. Film yang dirilis tanggal 28 Agustus 2009 (dan 4 September untuk Indonesia) disutradarai oleh David R. Ellis dengan naskah cerita yang ditulis oleh Eric Bress.

Tokoh utama kali ini bernama Nick (Bobby Campo). Ketika sedang menonton di arena balap mobil, tiba-tiba dia memiliki semacam mimpi atau penglihatan tentang kecelakaan yang akan terjadi di tempat itu; dimana membunuh dirinya, teman-temannya & sekitar 50 orang yang ada di situ juga. Panik & ketakutan, dia berhasil meyakinkan teman-temanya itu untuk keluar dari situ, pergi jauh-jauh sebelum kecelakaan yang sebenarnya terjadi, dimana pada akhirnya dia berhasil menyelamakan dirinya sendiri, pacarnya Lori (Shantel VanSanten), best friendnya Lori, Janet (Haley Webb), dan pacarnya Janet sendiri, Hunt (Nick Zano), seorang security guard (Mykelti Williamson), serta beberapa orang lain lagi yang keberadaannya tidak cukup penting.

Seperti biasa, Kematian tidak akan berhenti sampai disitu, dia tidak akan rela kalau sampai harus dicurangi seperti itu, jadi dalam beberapa hari-bulan-tahun dia akan "memburu" para korban yang selamat, membuat semacam desain khusus untuk "mengambil" jiwa mereka sesuai dengan urutan kematian yang seharusnya terjadi, dengan cara-cara yang yang kreatif, aneh, tidak masuk akal, brutal dan atau paling "nyeleneh" sekalipun.

Secara keseluruhan, tidak ada hal yang baru dari film ini. Alur cerita sudah dapat ditebak dari awal serta rancangan kecelakaan-kecelakaan para tokoh-tokonhnya yang good-looking-eye-candy dengan cara "nyeleneh" hasil karya sang Kematian, itu saja. Memang cukup ada sedikit twist di endingnya, tapi hal itu tidak menambah apa-apa.

Satu-satunya nilai tambah dari film ini adalah teknologi 3D Hampir semua adegan-adegan yang disajikan mengeksploitasi unsur-unsur 3D. Ada benda-benda yang terpental & terbang ke arah penonton, ban besar, bagian-bagian tubuh yang terlempar, semuanya terlihat cukup nyata & beberapa kali cukup membuat kaget penonton.

Berikut adalah beberapa hal yang cukup mengganggu ketika menonton film ini.

Satu, dari mana datangnya "penglihatan" Nick? Kenapa si tokoh utama ini terus-terusan mendapatkan penglihatan secara detail tentang semua orang yang selamat? Apa yang membuat dia begitu spesial sehingga diberikan penglihatan-penglihatan itu. Tidak ada penjelasan apapun & sepertinya tidak ada yang berpikir soal itu pula.

Dua, apa juga hubungan Nick dengan tokoh-tokoh utama di seri-seri sebelumnya? Tidak ada penjelasannya juga. Tidak biasanya "Death" memilih korban-korbannya secara random, pasti semua dimulai dari kutukan Fligt 180 & akan saling berhubungan satu dengan yang lain.

Tiga, death scenes. Hampir semua adegan-adengan kematian sudah bisa dilihat di trailer film, tidak ada unsur kejutan lagi karena orang-orang sudah tahu bagaimana mereka akan mati. Selain itu, adegan kematiannya terkesan membosankan, tidak realistis karena banyak menggunakan CGI, walaupun dalam 3D, tapi tetap tidak bisa menyelamatkan ke-kurang-maksimal-an-nya. Memang, lebih "berdarah-darah-pake-usus-hati-ampela", dengan banyak daging-daging-dan-bagian-bagian-tubuh terlempar-tercecer-terpotong-potong kemana-mana, tapi malah terkesan "maksa".

Empat, akting yang buruk. Para pemain di film ini sepertinya dipilih berdasarkan bentuk fisik & paras wajah; untuk aktingnya, itu urusan belakangan. Tidak ada satupun tokohnya yang memiliki kedalaman karakter & bisa meninggalkan sesuatu di pikiran penonton sampai di akhir film. Benar-benar terkesan tokoh-tokoh ini ada hanya untuk dibunuh dengan cara yang paling buruk dengan memanfaatkan teknologi 3D. Mungkin membunuh orang-orang yang eye-candy akan terasa lebih menyenangkan untuk dilihat. *???*

Intinya adalah, SCRIPT YANG BURUK & "MAKSA". Cukup.

Bagi yang menikmati seri pertama & seri tiga, yang merasa bahwa Final Destination adalah film horror yang cukup smart, jangan berharap banyak dari seri 4 ini. Yang bisa dijual hanyalah kecanggihan dari teknologi 3D-nya dan itupun tidak begitu maksimal. Kalaupun nanti akan ada seri ke-5, for the love of God, biarkan Glen Morgan & James Wong kembali! Di tangan mereka, seri pertama & ketiga jauh lebih baik bukan?

*The Final Destination: 3D - official wallpapers*

Mr. E was so excited to watch this movie, it was his first 3D experience!


*with Ms. Bee in Gading XXI*

xoxo,

6 comments:

Arman said...

Walaupun semua org bilang jelek, gw tetep pengen ntn final dest 4!!! Tapi yah gitu nasib gw, kudu nunggu dvd nya keluar deh baru bisa nonton...

Btw, gak apa lah pemainnya gak bisa akting yg penting cakep. Itu penting... Hahahaha :)

Mr. E. said...

@ Arman: Waduh, kalo nonton di DVD mah, udah kehilangan gregetnya. Ini film memang dipaksakan sekali untuk jadi 3D, jadi kalo ga 3D, mana seru.
Hehehehe.

Ga sampe jelek parah mampus gitu, masih banyak film-film lain yg lebih parah *hint: Disaster Movie*, filmnya cukup enjoyable kok, yah tipikal no-brainer-fun-bloody-gore-wit-a-friend-kinda-movie lah. Bisa buat ketawa2an ao teriak2an aja.

Emang sih, dengan pemain yg cakep2, walopun filmnya buruk, bisa menolong penglihatan kita. LOL!

Juan said...

akhhh, anda ini terlalu serius dipikirin pilemnyaa! itu cuman pilemmmmm ....

Ginkoberry said...

Agree. FinalDestination4 buruk, paling buruk diantara semua serinya (I hope this is really2 the FINAL destination, no more, no more). Mendingan baca komik MPDPsycho deh.

Mr. E. said...

@ Ginkoberry: Iya, buruk ya, gue sampe cengo sendiri, filmnya kok jadi eneg gini yak?
Kalo gue sih, masih berharap ada seri 5nya, untuk menutup franchisenya aja.
Semoga bisa dijelaskan alasan si Kematian mengejar-ngejar anak2 ini. itu aja sih.

GigiSehatBadanSehat said...

gw penasaran ama 3d nya aja...film3d yg kmaren2 kebanyakan cuma nampilin layar bolong doank, gak ada yg isinya keluar layar..such as ice age ama up...

yg bagus cuma journey 2 the center of the earth ama spykids, 3dnya lebih menyenangkan...