Monday, March 8, 2010

Commenting-a-Comment-about-a-Comment-To-a-Comment... *WTF???*

So, beberapa waktu lalu, gue menyempatkan diri di sela-sela aktifitas kantor gue & blogwalking ke beberapa blog. Dari begitu banyak blog, secara antah-berantah-out-of-nowhere-ketemu-aja-gitu-link-nya gue menemukan sebuah blog milik seorang pekerja di negeri Singapura asal Indonesia.
Pertama kali baca tulisannya, eh, kok lucu ya, lama kelamaan, lho kok, jadi ketagihan baca ya?. Haha!
Lalu, gue iseng memberikan shout out dan dibalas sang pemilik. Eh, dia berkunjung ke blog gue dan memberikan beberapa komentar. Beberapa saat kemudian, tibalah dia di sebuah posting gue. Dari postingan yang gue buat tersebut, dia bilang bahwa dia "pusing musti ngeliatin mana yg musti di baca, mana yg musti cuman di liat, mana yg musti di buang, beres2 dikit nape?"

Gue kaget tahap 1 & masih bertanya-tanya, memang sebegitu berantakannya kah blog gue ini?

dan komentarnya berlanjut seperti ini.
"ini kritik menurut gw aje loh, kalo ada yg lain yg suka, sih silahkan2, jd jngan ambil di hati duongggg :))))
gak perlu juga kau musti dengarkan celoteh gw, cuman mau kasih input apa yg menganggu gw, soale kan kau pula yg kasih "undangan merah" supaya ngoceh dan kritik :P
signature yg pake jpeg itu, gak penting menurut gw :P
pake simbol2 "!@#$%^&*()" aje udah bisa bikin spesial loh, tanpa org terganggu sama jpeg besar2 itu :P
tulisan besar kecil ganti2 font ganti2 warna bikin pusink
terus poto2 gak usah terlalu banyak, kalo jenis nya sama, mbok yah size nya seragam, jadi org got the point itu serenceng... gak pusing tau2 besar, tau2 kecil :p
itu aje coba di bersih2, kali2 jadi keliatan rapi an sikit... :p
"

Jujur, pertama kali baca komennya, gue kaget, lalu ketika dia membalas untuk kedua kalinya, gue kaget tahap 2
Baru kali ini ada yang memberikan komentar sebegitu straight forward-nya.
Yah, memang, menurut dia, tidak usah dimasukan dalam hati, namanya juga opini seseorang, toh, itu kritik & saran yang membangun, iya kan? 
Tapi kenapa gue-nya masih kaget gitu ya?

Gue sepertinya terlalu menggunakan feeling atau mungkin memang  gue mempunyai kesulitan menerima kritik/saran yang secara tidak langsung cukup menyentil juga. Dulu, gue pikir, blog gue bisa dinikmati semua orang, walaupun dengan  content yang kadang-kadang ngalor-ngidul, menggunakan bahasa-Indonesia-campur-English-campur-es-campur-Sinar-Garut. Tapi rupanya, dengan adanya komentar seperti ini, gue jadi berpikir untuk lebih bisa tahu diri. Tidak semua orang bisa menikmati blog orang lain. Walaupun blog itu milik diri sendiri, dimana isi, desain & segala sesuatu yang berada di dalamnya itu memang untuk dinikmati sendiri *sukur-sukur-ada-yang-mo-baca*, tapi kita juga harus bisa menempatkan diri sebagai orang lain, khalayak banyak, orang awam, dan tidak sebagai pemilik blog yang memiliki kadar narsisme akut & self-centric.

Jadi, sekarang gue juga akan sedikit membenahi diri supaya rumah-celoteh-ngalor-ngidul-super-ga-jelas gue ini bisa dinikmati semua orang, at least ya, memiliki pengunjung tetap serta traffic viewing yang tinggi.
Mimpi menjadi Xiaxue [blog link] [wiki link] boleh dong?
LOL.

PS. Gue sama sekali tidak marah, kesal atau bentuk apapun dari ketidaksukaan kepada  sang blogger tersebut, malah gue senang ada yang mau repot-repot untuk memberikan kritik/sarang yang membangun, tidak hanya untuk kebaikan blog gue tapi untuk gue juga sebagai seorang penulis amatir. Jadi, kalaupun kalian sebagai pembaca tahu siapa blogger tersebut, harap diingat bahwa setiap orang punya kebebasan untuk berbicara dan gue sangat menghargai itu.

xoxo,

6 comments:

[ epentje ] said...
This comment has been removed by the author.
Valentinus Rama Kurniangga said...

lah Son, waktu itu pan gw jg uda pernah bilang masalah hurup hurup dalam blog lo, tapi gw bilangnya bukan secara tulisan melainkan lisan, gw bilang bahwa gw puyeng baca blog lo yg warna warni gonjrang gonjreng tulisannya. hohohoho

dan secara layout gw emang lebi suka blog lo yg sekarang. nais werk

welliamlauw said...

Udah just keep your blog the way you like it. Kalo yang ngebaca merasa terganggu then they can stop reading it right :). End of story....

-Tess- said...

Dison u are so nice...
Si Bill kadang complain soal content di blog gw, terus gw bilang : ga suka jangan baca !

Jutek mode ON :D

Gogo Caroselle said...

aku kenal epen ed,
emg dia suangat pintar hehe,
anw seneng de kamu besar hati.. :)

[ epentje ] said...

haduh GOGO, walaupun gw emang doyan banget minta2 di puji, tapi kalo di puja puji di tempat org lain kok rasa nya gak pantas yah? lu puja puji gw di tempat gw ajah HAHAHAHA.....

i am not what you think i am loh... lu hanya sebagian besar mereka2 yg tertipu dgn bisa2nya gw memanipulasi kalian ha3...

dah ah... kok kepo tempat org....

aslinya, gw kok agak merinding yah membaca pujian itu... :P