Monday, December 20, 2010

Tidur Nyaman ala .mister.dison.



Tidur....
sebuah kemewahan yang sulit sekali gue dapatkan beberapa bulan belakangan ini. Entah kenapa ya, sejak bulan Desember tahun lalu, gue yang biasanya tidur kurang lebih 6 jam, sekarang hanya bisa menjadi 4-5 jam saja.

Kenapa bisa begitu?

Salahkan diri sendiri karena sering berleye-leye di depan komputer setelah pulang dari kantor; mulai blogging, baca artikel di wikipedia, kadang menonton series yang baru selesai di-download, tagging mp3 untuk dipindahkan ke iPod, ataupun mengatur isi HD gue yang berantakan.
Sibuknya! *ato-sok-sibuk-berasa-artis...*

Oleh karena itu, DVD-DVD yang dibeli dari bulan-bulan lalu tidak pernah ditonton sama sekali. Menumpuk saja di lemari DVD. Halah. *total DVD yan belum ditonton, 49 buah, sadis...*.

Beberapa buku-buku juga ada yang belum terbaca. Kapan selesainya itu Shoppaholic & Eat Pray Love huh?


OK, sebenarnya bukan durasi dari tidur yang harus diperhatikan, tapi kualitas tidurnya. Menurut beberapa artikel yang gue baca mengenai bagaimana mengukur kualitas tidur adalah dimana ketika seseorang bisa tertidur dengan sangat lelap, lebih baik lagi tidur tanpa mimpi. Seseorang bisa bangun dari tidur merasa bahwa istirahatnya cukup, badan terasa segar & siap beraktifitas. Ketika beraktifitas pun, tidak akan merasa pernah merasakan kantuk sedikitpun walaupun tingkat kebosanan-nya cukup tinggi.

Tapi, kalo buat gue, durasi & kualitas itu tetap penting. Dengan durasi tidur yang lebih lama, gue bisa meningkatkan kualitas tidur gue sampai puncak! *lho, ini lagi jadi motivator? GAK KALI...*
Atau mungkin pada dasarnya, gue ber-shio babi, senang makan & berleha-leha, tidur, tapi tetap makmur. *lho, ini lagi ngomongin shio ya? GAK KALI...*

Oleh karena itu, gue terinsipirasi untuk membuat semacam guide kecil-kecil untuk orang-orang yang memiliki kesulitan tidur, tidur kurang nyaman, merasa tidurnya kurang cukup atau untuk meningkatkan kualitas & kuantitas tidur saja.

Tidur Nyaman ala .mister.dison.

Pertama, 3 hal esensial untuk mencapai kepuasan tidur: tempat-tidur + kasur, bantal & selimut. 

Satu, tempat tidur & kasur. Untuk tempat tidur, itu selera masing-masing, mau berbentuk single, double, kingsize, family size, bunk bed ataupun di tikar, di dipan, ataupun lantai, selama bisa merasa nyaman, silahkan dipilih-dipilih-dipilih. Untuk  kasur, dikembalikan lagi ke selera masing-masing. Bisa dipilih-pilih sesuai kemauan dari mulai spring bed / kasur pegas, kasur busa, bahkan dengan kasur kapuk sekalipun. Yang penting, bisa merasa nyaman untuk tidur.
*untuk tipe-tipe empat tidur & kasur, bisa dilihat disini [link]*

Dua, bantal. Tergantung selera lagi, ada orang yang suka menggunakan, hanya bantal kepala saja, tapi ada juga yang suka menggunakan bantal peluk/guling/bolster-dalam-bahasa-Inggris.

Tiga, selimut. Sekali lagi, tergantung selera & kebutuhan. Mau tebal untuk kehangatan ataupun tipis agak tidak berat, terserah, bisa dipilih bentuk & modelnya.

3 hal esensial untuk tidur yang diimplementasikan dalam sex-life gue, eh salah, beauty-sleep-life gue.

Satu, single bed, panjang kurang lebih 2 meter, dan melekat di dinding. Gue tidak suka untuk tidur di king size bed dan berada di tengah-tengah kamar, terasa aneh saja. Soal kasur, sekarang  gue menggunakan spring bed, tapi gue tetap menikmati untuk tidur di kasur busa & bahkan di kasur kapuk-yang-keras-banget-tapi-gue-sangat-nikmati-old-school-skali!


Dua, untuk bantal, gue selalu mempunyayi 3 buah bantal; 1 bantal kepala & 2 bantal guling. beberapa Kegunaan si bantal guling kedua adalah untuk ditaruh di bawah kaki gue. Entah bisa gue gunakan untuk meletakkan kaki, bisa juga untuk penambahan bantal guling dan atau bisa juga ditaruh di samping badan gue. Kadang-kadang semakin banyak bantal, semakin nyaman untuk tidur


Tiga, untuk selimut, gue tidak suka dengan yang namanya selimut dari bahan wool, gue lebih suka dengan selimut berjenis comforter. Modelnya itu seperti kasur yang sangat tipis & sangat hangat kalau dipakai. Untuk lebih jelasnya, bisa dibaca di Wikipedia mengenai comforter [link].

Okay! Itulah 3 hal esensial dalam mencapai kepuasan dalam dunia tidur-meniduri. *lho?* Lalu, berikut adalah beberapa hal-hal lain yang menurut gue bisa dijadikan semacam panduan kecil-kecil untuk membantu 3 hal esensial yang sudah gue sebutkan diatas tersebut.

Hal-hal yang harus dihindari & yang bisa dilakukan sebelum beranjak tidur.

Satu, jangan makan sebelum tidur. Selain akan membuat orang menjadi gemuk, makanan yang dimakan tersebut tidak bisa dicerna dengan baik.

Dua, jangan menonton TV. Otak kita bakal terstimulasi terus menerus & malah membuat orang jadi susah tidur. Tapi bisa dijadikan alat penstimulasi mengantuk juga sebenarnya, tinggal pilih channel atau memasang film yang isinya kita anggap membosankan, dijamin langsung tertidur.
*pilihan gue, pasanglah Brokeback Mountain, The English Patient atau The Aviator dijamin tidur!*


Tiga, katakan tidak untuk teh, kopi & soda. Kenapa? Caffeine. Perlu dijelaskan lagi?

Empat, hindari minuman beralkohol. Memang, minum alkohol bisa membuat orang sedikit mabuk & mengantuk. Tapi tidur dari hasil alkohol itu bukanlah tidur nyenyak. Belum lagi hangover-nya, TIDAK MENYENANGKAN.

Lima, olahraga teratur memang bisa membuat kita tertidur lebih mudah, tapi sebisa mungkin, jangan berolahraga itu terlalu dekat dengan jam tidur, hal ini malah membuat badan jadi segar & jadi agak lebih sulit untuk tidur. Lebih baik olahraga dilakukan pagi-pagi, kalau bisa. *gue sih kayaknya gak bisa deh, sulit bangun pagi cyiiin... mwahaha...*

Enam, kalau suka membaca, jangan membaca sesuatu yang terlalu berat; seperti novel misteri, horor ataupun segala sesuatu yang bisa membuat otak menjadi terstimulasi. Apalagi kalau bacaan yang dibaca seru & menegangkan, yang ada kita malah terus baca & lupa untuk tidur. Baca saja bacaan-bacaan yang bersifat spiritual atau menenangkan, seperti buku-buku renungan/saat teduh contohnya.

Tujuh, sama seperti membaca, ada beberapa oarng yang senang mendengarkan musik sebelum tidur. Pilih musik yang bisa membuat relax, jangan memasang lagu-lagu berjenis rock/dance. Mau relaksasi kok ajep-ajep sih.... Haiya. :)

Delapan, sebisa mungkin untuk tidak memikirkan segala sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan. Kadang kita suka membawa pekerjaan ke tempat tidur & hal ini bisa membuat otak kita tidak berhenti berpikir mengenai dead-line pekerjaan untuk besok.

Sembilan, jangan tidur dalam keadaan terang, coba tidur dengan keadaan gelap gulita atau memasang lampu tidur *yang agak remang-remang kayak di warung, halah, apa coba?*.

Sepuluh, jauhkan handphone/Blackberry. Silent atau turn-off alat-alat elektronik tersebut supaya tidak ada gangguan sama sekali. Terkadang kita sering sekali men-cek BB untuk pesan masuk atau apapun itu. Mau tidur atau BB-an sih? Tidur!

Sebelas, jangan tidur terlalu larut malam & jangan suka mengubah-ubah jam tidur. Badan kita punya jam biologis untuk bisa tidur. Kalau kita tidur terlalu malam atau mengubah-ubah jam tidur, badan & otak malah tidak bisa menentukan "ritme tidur" kita & karena begitu, kita malah jadi sering kesulitan untuk bisa tertidur dengan mudah.
Dua belas, jangan minum air bertepatan dengan waktu beranjak ke tempat & selalu ke toilet terlebih dahulu sebelum tidur supaya kesempatan untuk bangun di malam hari untuk "pipis" lebih sedikit. Biasanya, setelah buang air kecil di malam hari bisa membuat orang menjadi kesulitan untuk kembali tidur.

Tiga belas, mandi air hangat sebelum tidur sangat dianjurkan. Badan kita akan menjadi lebih nyaman sehabis mandi & bisa membuat tidur lebih nyenyak.

Empat belas, jangan mengubah fungsi tempat tidur itu menjadi tempat bekerja atau menonton TV. Kita malah jadi sulit untuk tidur karena merasa tempat tidur bukan sebagai tempat untuk kita beristirahat. Memang, bagi  sebagian orang tempat tidur itu nyaman untuk dijadikan tempat bekerja atau bersantai, tapi kalau begitu, nanti  apabila mau tidur, kita bakal kesulitan sendiri karena tidak bisa menemukan tempat yang lebih nyaman. Tempat tidur adalah tempat untuk kita tidur bukan beraktifitas.

Hal-hal yang gue sebut diatas  hanyalah sebagian cara-cara atau tips yang gue dapat dari beberapa artikel di internet & ada juga yang merupakan pendapat gue pribadi. Semoga bisa sedikit membantu bagi orang-orang yang memiliki kesulitan untuk tidur nyenyak di malam hari. :)
*atau orang-orang yang gak ada kerjaan & iseng-iseng baca blog ini....*

And now, what time will you sleep tonight .mister.dison.? LOL.

xoxo,

5 comments:

the mouse said...

permisiii.. i'm putting your blog in my blog roll :D

xoxo

.mister.dison. said...

@ the mouse: silahkaaaannn... lol.
asik, fansku nambah lagi. hihi.

popok said...

ninggalin kopi atau teh ini berat, mister! :((

Belly Surya Candra Orsa said...

Great Blog..!!!! Keep Blogging.... : )

.mister.dison. said...

@popok: bener! sama kok, klo harus ninggalin kopi & teh sama aja bunuh diri. makanya, kalo mau minum, jgn pas mau tidur. hehe.

@belly: thanks very much! :)